Kamis, 30 Juli 2009

Fitur Baru UBUNTU 9.04 (Codse Name Jaunty Jackalope)

Tim pengembang sistem operasi Open Source Ubuntu, telah mengumumkan rilis terbaru dari sistem operasi berbasis Linux pada tanggal 23 April 2009. Ubuntu 9.04 dengan code name Jaunty Jackalope ini akan membawa fitur baru dengan tidak meninggalkan keunggulan di rilis sebelumnya(intrepid ibex), yang memiliki dukungan koneksi internet via jaringan telekomunikasi.
Pengguna Ubuntu versi sebelumnya silakan melihat-lihat terlebih dahulu fitur baru yang ditawarkan kelinci The Jackalope ini.

Gnome 2.26

Desktop Enviroment yang disukai user karena sederhana dalam pengoperasiannya ini masih menjadi default desktop manager di Rilis 9.04, beberapa fitur baru yang adalah sebagai berikut:

  • Brasero Versi 2.26.0, Dikembangkan oleh Philippe Rouqier dan Luis Medinas ini adalah Aplikasi all in one CD burning. Brasero memiliki antar muka yang lebih sederhana dan mudah dalam penggunaan. Secara default brasero ini digunakan untuk aplikasi burning langsung via file manager (Nautilus di Ubuntu).
  • brasero
  • Penanganan pengaturan multi monitor, dengan update terbaru gnome-display-properties yang dikembangkan oleh Federico Mena Quintero
  • gnome-display-properties

X.Org server 1.6
Rilis terbaru X.Org server, versi 1.6 sudah tersedia untuk Jaunty. Terbaru adalah Mesa 3D DRI, versi 7.4 juga tersedia. Beberapa driver vedo juga sudah tersedia secara bebas dan menjadi bagian dari update rilis terbaru ini.
Driver ATI sekarang menggunakan EXA acceleration method secara default, menghasilkan render dan tampilan yang menunjukkan kualitas chipset ATI. 2D acceleration support tersedia untuk versi yang terbaru R6xx/R7xx family dan 3D support tersedia sampai dengan R5xxx family card. Update -fglrx propietary driver juga tersedia untuk pengguna R6xx/R7xx jika meninginkan dukungan 3D.

Wacom tablet hotplugging
Wacom tablets saat ini akan aktif secara otomatis jika terkoneksi, tidak memerlukan modifikasi lebih xorg.conf lebih lanjut. Konfigurasi tombol mapping secara default belum diatur, namun dapat seting secara manual dengan menambahkan file didalam /etc/hal/fdi/policy/.

Tampilan baru untuk Notification dan Notification preferences
Jaunty menggunakan menu sederhana yang dapat digunakan untuk pengaturan notifikasi, notifikasi akan muncul sebagai popup di desktop sebagai pemberitahuan akan adanya aktivitas yang harus diketahui user.

Boot Performance
Beberapa penyesuaian dilakukan untuk mengoptimasi proses start-up.

Linux kernel 2.6.28
Kernel terbaru untuk Ubuntu 9.04 adalah 2.6.28-11

Dukungan file sistem Ext4
Ubuntu 9.04 mendukung pilihan untuk installasi file sistem ext4. saat ini ext3 masih menjadi default file sistem untuk Jaunty, namun kedepannnya direncanakan akan menggunan ext4 sebagai default fs, melihat juga dari feedback pengguna terhadap file sistem baru ini.
Dukungan Ext4 di GRUB disediakan oleh Colin King, jika anda berkeinginan untuk mengupgrade file system anda ( / ) ; ( /boot ) dari ext2 atau ext3 ke ext4, anda juga harus melakukan installasi grub dengan menjalankan grub-install setelah proses upgrade anda lakukan. Jika anda tidak menjalankan ini, maka GRUB yang ada dalam mesin anda tidak memilikikemampuan untuk membaca kernel dari file sistem ext4 dan anda tidak akan bisa melakukan booting.

Computer Janitor
Aplikasi ini adalah aplikasi untuk memperbaiki masalah yang terjadi di sistem, aplikasi ini mampu mendeteksi paket software yang tidak bisa diremove atau mengalami masalah pada saat installasi atau pada saat penggunaanya. Aplikasi ini dijalankan melalui menu System > Administration > Computer Janitor.

Cloud Computing
teknologi yang tersedia untuk Ubuntu 9.04 edisi server, yang memudahkan anda untuk melakukan cloud computing, yaitu dinamicaly scalable dan beberapa virtualisai resource yang menyediakan servis di internet. Eucalyptus adalah teknologi opensource yang akan tersedia untuk Cloud Computing ini.

Turn Key Mail servers
Paket devecot-postfix di Ubuntu 9.04 memudahkan dalam pembuatan mail server yang memebrikan dukungan SMTP, POP3 dan IMAP dengan TLS dan SASL

sumber: http://ubuntu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar