Rabu, 29 April 2009

Cara membuat mailing list sendiri di yahoogroups

  1. Buka url http://groups.yahoo.com
  2. Setelah Muncul Tampilan Seperti diatas maka Klik link “Sign In“. Ini jika anda sudah mempunyai account di Yahoo!. Jika tidak maka klik link “Click here to register“. Proses pendaftarannya sama dengan ketika anda membuat email di Yahoo!. (Baca artikel Membuat Email Gratis Di Yahoo!).
  3. Jika anda ingin membuat Group Mailing List sendiri maka klik link “Start a new Group!” dan pilih kategori milis yang ingin anda buat pada “Browse Group Categories“. Sesuaikan dengan pilihan yang disediakan. Misalnya: Programming Languages, dsb.
  4. Setelah selesai maka klik “Place my group in…
  5. Masukkan nama group/ mailing list anda. Misalnya: Programmer Indonesia.
  6. Masukkan alamat email yang akan digunakan sebagai email administrator mailing list anda. Misalnya: programmer-indonesia@yahoogroups.com.
  7. Isikan deskripsi dari milis anda. Anda bisa menjelaskan latar belakang dibuatnya milis tersebut, siapa saja yang boleh menjadi anggota, dsb.
  8. Setelah selesai, klik “Continue” untuk masuk ke langkah berikutnya.
  9. Pilih salah satu email anda. Ini jika anda memiliki lebih dari satu email yang terdaftar di maling list Yahoo!. Di sini anda juga akan diminta untuk mengetikkan kode verifikasi sesuai dengan gambar yang tertera.
  10. Jika berhasil maka akan ditampilkan nama milis yang telah anda buat. Lanjutkan untuk membuat Konfigurasi Milis anda dengan mengklik “Customize Group“. Atau jika ingin standar saja, maka anda bisa langsung mengajak rekan-rekan anda untuk bergabung dengan mengklik “Invite People“.

Sumber: http://google.com

Instalasi Windows Dari USB Flash Disk












IDE artikel ini bermula saat ingin memasang Windows pada nettop Telebit Nucleom AG-100. Berhubung nettop tersebut tidak memiliki CD-ROM, maka harus menggunakan CD-ROM eksternal.Baru kemudian terpikir, bagaimana jika proses instalasi menggunakan flashdisk........?

Solusi ini jelas lebih praktis dan murah, karena kita tidak harus membeli CD-ROM eksternal dan tinggal memanfaatkan USB flash disk yang harganya kian terjangkau itu.

Namun untuk melakukannya, kita tidak bisa cuma menaruh file dari CD installer Windows ke flash disk. Kita harus membuat flashdisk tersebut dikenali sebagai bootdisk terlebih dulu. Satu hal yang juga krusial adalah BIOS di notebook/netbook/PC yang akan kita install harus mendukung booting melalui flash disk. Sebenarnya nyaris semua produk baru sudah mendukung hal tersebut, namun kami sarankan Anda cek BIOS PC Anda terlebih dulu.

Jika memang bisa, berikut adalah daftar kelengkapan yang Anda butuhkan.

1. Sebuah PC dengan CD-ROM (untuk melakukan proses persiapan dan transfer file)2. CD installer Windows XP atau Vista3. Aplikasi pendukung berupa (ketiganya tersedia di DVD InfoKomputer edisi Februari atau searching di Google):a. USB_PREP8b. PeToUSBc. Bootsect.exe4. Flash disk dengan kapasitas minimal 1GBBeginilah cara memasukkan installer Windows ke dalam flash disk.

1. Copy file PeToUSB.exe ke dalam folder USB_prep8.

2. Jalankan file usb_prep8.cmd dengan cara klik dua kali. File tersebut berada di dalam folder USB_Prep8. Catatan: Jika PC Anda menggunakan Windows XP2, Anda perlu unblock file tersebut agar bisa berjalan. Caranya, klik kanan>Properties>Unblock3. Nanti akan muncul file jendela seperti gambar di bawah.

4. Tekan Enter, dan akan muncul jendela.

5. Biarkan semua setting dalam kondisi default (kecuali jika Anda ingin mengganti label drive) dan tekan Start. Ini akan menformat flash disk Anda, jadi pastikan tidak ada file penting di flash disk tersebut.

6. Setelah proses selesai, JANGAN tutup jendela PeToUSB. Biarkan terbuka.

7. Buka command prompt (caranye klik Start>Run>cmd). Pada panel command prompt, masuk ke folder di mana file bootsect.exe tersimpan. Caranya, ketik “cd namafolder”. Sebagai contoh, karena file bootsect.exe berada di dalam folder bootsect yang berada di desktop, kami mengetik “cd desktop” lalu “cd bootsect” (keduanya tanpa tanda petik).

8. Jika bootsect.exe sudah ketemu, ketik “bootsect.exe /nt52 X:” (tanpa tanda petik). Catatan: X: menunjukkan drive untuk flash disk Anda, jadi cari tahu dulu nama drive-nya. Pada kasus kami, nama drive adalah L sehingga perintahnya menjadi “bootsect.exe /nt52 L:”9. Jika langkah 9 dilakukan dengan benar, akan muncul pesan “Bootcode was successfully updated on all targeted volumes”. Tutup jendela command tersebut dan jendela PeToUSB. catatan: jangan menutup jendela USB_Prep8. Jendela USB_Prep8 harus tetap terbuka.

10. Ketika Anda menutup jendela PeToUSB, di jendela USB_Prep8 secara otomatis akan muncul pilihan menu seperti gambar di bawah. Jika tidak, coba tekan Enter.

11. Pada tahap ini Anda sebenarnya cuma melakukan setting untuk Prep8, cuma caranya adalah memilih berdasarkan nomor menu. Yang harus Anda ganti adalah:a. Menu 1: memilih drive tempat Windows XP (atau CD-ROM Anda). Caranya klik 1, nanti akan keluar Explorer untuk memilih drive. Pilih nama drive (di PC kami adalah C).

b. Menu 2: memilih Virtual TempDrive, atau drive virtual di harddisk PC Anda sebagai tempat menyimpan data sementara (sebelum dipindahkan ke flash disk). Pilih drive yang tidak ada di PC Anda, misalkan drive T.

c. Menu 3: untuk memilih drive flash disk Anda. Tekan 3 dan pilih drive flash disk yang ingin Anda masukkan Windows.

d. Menu 4: menu ini untuk menjalankan proses selanjutnya. Jika sudah menjalankan menu 1 sampai 3, Anda langsung jalankan menu 4 ini.

12. Nanti akan muncul pop-up window yang akan langsung menghapus drive sementara (yang kita lakukan di menu 2). Tekan Yes.

13. Setelah itu, proses transfer file installer Windows berjalan. Ada dua proses terjadi di sini. Pertama proses transfer file dari CD-ROM ke harddisk, dan kedua dari harddisk ke flash disk. Lamanya proses tergantung kecepatan CD-ROM maupun flash disknya, dan dalam kasus kami sekitar 30 menit.

14. Setelah itu, kita tinggal tancapkan flash disk tersebut ke PC yang akan kita install, dan atur prioritas booting ke flash disk. Ketika dinyalakan, ada dua pilihan yang tersedia. Pilih pilihan nomor 1(TXT Mode Setup Windows XP).

Setelah itu, proses instalasi berjalan seperti biasa, termasuk melakukan proses booting ulang. Tidak ada yang perlu Anda lakukan di sini, cukup tunggu sampai proses instalasi selesai. Yang perlu diperhatikan adalah flash disk tidak boleh dicabut sampai proses selesai (sudah masuk Windows).

Nah, sekarang proses instalasi Windows bisa dilakukan meski Anda tidak memiliki CD-ROM. Praktis kan?


Sumber : Sriwijaya Post

Membuat XP Jadi genuine

Mungkin kebanyakan pemakai windows XP di Indonesia menggunakan windows XP bajakan. Tapi bukan berarti windows XP bajakan itu bukan asli (GENUINE). Yang membedakan asli atau tidaknya windows XP ternyata terletak pada serial number yang digunakan ketika proses menginstall windows XP.

Untuk mentes apakah windows XP kita asli, coba gunakan tool “Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool”, yang dapat mendetaksi keaslian windows XP anda, contohnya gua peke windows bajakan tapi menggunakan serial number yang genuine so, tool “Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool” bilang kalo windows xp yang gua pake itu Asli, ini buktinya :


Download Tool Genuine disini :

http://unrated.110mb.com/Tool.zip

Kalo ternyata windows XP yang kita gunakan bukan genuine, so gak perlu kawatir. Gua dah dapet 3 serial number windows Xp yang udah terbuakti genuine :

V2C47-MK7JD-3R89F-D2KXW-VPK3J

H689T-BFM2F-R6GF8-9WPYM-B6378

WCBG6-48773-B4BYX-73KJP-KM3K3

Tapi masalahnya kalo kita males nginstall ulang windows, gunain aja Aplikasi Keyfinder buatan Jelly Bean yang bisa buat merubah serial number windows Xp, so gak perlu cape- cape nginstall ulang.

Download Keyfinder disini :

http://unrated.110mb.com/keyfinder.zip

sumber :

http://hotswaps.wordpress.com/2007/12/29/tips-merubah-windows-xp-bajakan-jadi-asli-genuine/

Cara Jadi Anggota Millis

Bagaimana caranya
jadi anggota milis?

Ya, ada dua langkah untuk itu:
1. Cari
nama milis yang hendak diikuti. Bisa dengan cara nanya ke teman, surfing di
situs, nyari sendiri di yahoogroups, dsb.

2. Daftarkan email Antum ke milis tsb. Ada tiga cara
yang bisa dilakukan (boleh pilih salah satu). Misalnya di sini kita hendak
mendaftar ke milis salafyoon@yahoogroups.com, dan email kita yang akan
didaftarkan adalah: abc@kecap.com :

a. Saat surfing ke

situsnya (salafyoon.cjb.net), kita akan melihat form kecil untuk mendaftar
ke milis. Silakan tulis email Antum di situ, dan tunggu beberapa saat….
kemudian bukalah mailbox Antum (abc@kecap.com).
Akan ada email dari
yahoogroups yang meminta Antum untuk mengkonfirmasikan keanggotaan Antum di
milis salafyoon. Sekarang, silakan reply/balas email tersebut, dan tunggu
email ”Welcome” dari salafyoon. Kalau sudah, berarti Antum sudah menjadi anggota
milis ini. Selamat.

b. Mengirim email untuk mendaftar.

Caranya: kirim email kosong ke: namamilis-subscribe@yahoogroups.com.
Misalnya dalam kasus ini, maka kita kirim email kosong ke
salafyoon-subscribe@yahoogroups.com.
Judul & isi email tidak perlu
diisi. Biarlah kosong apa adanya.
Setelah terkirim, tunggu beberapa saat…
dan ada email baru dari yahoogroups untuk konfirmasi (seperti cara a). Langkah
selanjutnya sama.

c. Mendaftar langsung dari
yahoogroups.com

Syaratnya: Antum harus punya ID di yahoo. ID ini berupa
alamat email kita di yahoo. Misalnya: iniaku@yahoo.com, maka ID kita adalah:
iniaku. Bagi yang belum punya, silakan daftar dulu ke Yahoo!Mail
Cara daftar
ke milis: cari alamat milis salafyoon (bisa dengan fasilitas search).

Kemudian, bukalah home (halaman awal) milis salafyoon, dan pilih untuk
”join”. Silakan isi form pendaftaran, dan tunggu konfirmasi di email kita.
Langkah selanjutnya sama dengan atas.

Sebagai catatan, untuk milis yang keanggotaannya
restricted, waktu menerima pesan ”Welcome” dari milis mungkin agak lama,
tergantung kapan si moderator online dan menyetujui keanggotan Antum. Dan satu
lagi, kalau masuk ke closed-milis, siap-siap saja untuk tidak menerima pesan
”Welcome” selamanya…

IV. Berdiskusi di milis

Seperti
yang telah kita ketahui, milis merupakan ajang diskusi di internet. Email yang
kita postingkan ke suatu milis akan dikirimkan ke seluruh anggota milis tsb.
Tidak ada istilah email hanya ditujukan untuk sebagian anggota milis. Dan telah
kita ketahui pula, untuk milis berbentuk newsletter, member tidak bisa mengirim
email ke milis. Hanya moderator yang berhak mengirim. Oleh karena itu, di sini
kita hanya akan membahas diskusi dalam email dua-arah, baik yang moderated
maupun yang bebas bicara.

Sebelumnya, perlu kita ketahui tipe2
penerimaan
postingan
milis(@yahoogroups). Ada empat jenis:

1. email individual biasa: jadi
setiap email masuk ke milis, kita nerimanya saat itu juga. Tiap kiriman, kita
dapet satu email.
2. email digest : kita cuma nerima satu email tiap
hari (berisi kumpulan postingan sehari itu)
3. special notice: kita
hanya mendapat email yang ditandai khusus oleh moderator.
4. no email
: kita nggak dikirimi email satu pun. Namun, kita masih jadi anggota, sehingga
kita bisa membacanya di web (yahoogroups, red). Untuk itu, pada umumnya kita
memerlukan Yahoo! ID supaya bisa sign-in di yahoogroups.com untuk baca2
postingan milis. Ini biasanya digunakan untuk milis yang cukup padat
postingannya, bisa >10 email tiap hari.

Layaknya berkirim email biasa, dalam mem-posting
email ke milis pun kita tidak perlu repot-repot. Tingga kirim email yang kita
kehendaki ke namamilis@yahoogroups.com. Dalam contoh sebelumnya, berarti kita
ngirim ke salafyoon@yahoogroups.com. Beres!
Dan untuk menanggapi postingan
dari anggota lain, kita perlu memperhatikan tujuan tanggapan kita. Lihat sekali
lagi kemana tanggapan tersebut; apakah ke salafyoon@yahoogroups.com, atau ke
person yang kita tuju (abc@kecap.com) ? Hal ini perlu diperhatikan, karena tak
jarang kita dapati email nyasar: seharusnya japri (jalur pribadi), namun tak
sengaja terkirim ke milis. Berhati-hatilah….

Dan jika karena suatu hal kita keluar dari sebuah
milis, ada dua cara yang bisa kita lakukan:
1. dari email
Kirim
email dari mailbox Antum (misalnya abc@kecap.com) dengan subject/judul:
namamilis-unsubscribe@yahoogroups.com. Misalnya kita mau berhenti dari milis
kecap@yahoogroups.com, maka tinggal kirim email kosong ke
kecap-unsubscribe@yahoogroups.com
Tunggulah sebentar… dan akan ada
email dari yahoogroups sebagai konfirmasi apakah Antum benar2 hendak keluar dari
milis. Jika tekad sudah mantap untuk keluar, email tsb tinggal di-reply saja.
Selesai!

2. dari yahoogroups
Masuklah ke grup milis yang
Antum hendak keluar darinya. Dan carilah tulisan ”leave group”. Silakan di-klik.
Dan Antum sudah benar2 keluar dari keanggotaan milis tsb.

V. Bagaimana cara membuat milis
sendiri??

Untuk membuat milis sendiri di yahoogroups mudah sekali
caranya. Tinggal ikuti prosedurnya ketika meng-klik: ”Start a group”. Cuma
beberapa menit, dan milis kita sudah jadi.
Selamat mencoba ya.........

Senin, 27 April 2009

Menginstal linux dengan USB

Selain Windows, sistem operasi Linux juga bisa dijalankan dari sebuah USB (flash disk). Hanya dalam 5 menit, Anda dapat menginstal Linux dari USB.

Anda bisa menggunakan tools bernama UNetbootin. Untuk bisa menginstal Linux dari flash disk, Anda wajib memiliki flash disk berkapasitas meinimal 1GB.

Selain USB, pastikan Anda telah menentukan distribusi Linux yang diinginkan, yaitu: Arch linux, BackTrack, CentOS, CloneZilla, Damn Small Linux, Debian, Dream Linux, Elive, FaunOS, Fedora, Frugalware, Gentoo, Gujin, Kubuntu, Linux Mint, Mandriva, netBSD, NTPasswr, openSUSE, Ophcrack, Parted Magic, PClinuxOS, Puppy Linux, Slax, SliTaZ, Smart Boot Manager, Super Grub Disk, Ubuntu, Xubunu, Zenwalk.

Sebagai contoh, instalasi kali ini menggunakan distro Linux BackTrack 3 dan Ubuntu 8.04.1 LTS, dengan USB Kingstone DataTraveler 2.0 1GB. Berikut langkah-langkah instalasinya :

1. Download UNetbootin, simpan pada desktop.

2. Klik kanan UNetbootin pada desktop, lalu pilih Properties.

3. Klik tab Permissions, beri tanda centang (v) pada kotak ‘Allow executing file as program’, lalu klik tombol Close.

4. Tancapkan terlebih dulu USB ke port komputer. Ini sangat penting karena Anda tidak akan bisa menggunakan USB jika menancapkannya setelah Anda membuka aplikasi UNetbootin.

5. Selanjutnya, klik dua kali file exe UNetbootin yang sudah di-download tadi, lalu ketikkan password hingga aplikasi UNetbootin terbuka.

6. Pilih distribusi dan versi Linux yang Anda inginkan, lalu pilih tipe instalasi dan klik Ok untuk memulai instalasi.

Selesai! Reboot komputer Anda dan booting-lah dari USB. Kini Anda dapat menggunakan sistem operasi Linux portabel Anda.

Membuat server internet sendiri di jaringan lokal

InterNet (International Network) adalah kumpulan komputer yang berkapasitas sangat besar, dari semua komputer yang
terkoneksi itu di kendalikan oleh berbagai macam server dalam jumlah yang banyak pula, di antara nya adalah
webserver, tugas webserver adalah mengendalikan data-data web kita sehingga bisa kita nikmati seperti halaman web
angingmammiri ini.
di kesempatan tutor ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bagai mana cara kita membuat webserver sendiri layak
nya webserver yang bertebaran di jagat maya ini, Webserver yang kita akan buat ini adalah terbagi dari Dua server yang
terdiri dari 1. Apache Server, 2. Mysql Server, kita ketahui ke dua server ini adalah tulang punggung dari internet, ada 1
server lagi yang pernah saya bahas yaitu name server.
n ah mari kita mulai Artikel ini
yang kita perlukan adalah Apache server dan Mysql Server, di dalam OS Linux kedua server ini sudah terinstal secara
default, tetapi pada sesi ini kita akan menggunakan OS Windows.
langkah pertama kita akan membentuk ke dua server tersebut dengan cara dowload program yang bernama
WAMPServer (Windows, Apache, Mysql, Php) di sini setelah itu instal lah program ini, file hasil instalasi akan di
tempatkan di drive C:\wamp nah kita akan menyimpan file webserver kita di C:\wamp\www semua file yang di letakkan di
foolder ini bisa di panggil dengan sintaks http://localhost/nama_foolder_file_server secara default webserver akan
memanggil file index ber ekstensi HTM, HTML dan PHP, nah di tahap ini webserver kita telah terbentuk, dan langkah
berikut nya adalah mendesain web kita.
untuk membentuk Website teman-teman dapat menginstal GNU Project seperti Wordpress, Joomla, Mamboo, PhpBB
dll, untuk mendapat kan program ini bisa menghubungi saya jika malas mendowload :D
oh iya di WAMP server telah menyertakan 1 program berguna untuk mempermudah manage MYSQL server (yang
konon sintaks SQL itu mengerikan :D) yaitu dengan PHP Myadmin bisa di panggil lewat Browser dengan sintaks
http://localhost/phpmyadmin
nah selamat mencoba, berkreasi dulu di local server mu lalu memindahkan nya ke webserver hosting mu di internet :D

10 Cara membuat server anda lebih baik

Berikut ini adalah 10 Cara Ampuh Membuat Server Anda Lebih Baik yang diambil dari implementasi Voucha di berbagai daerah. Didedikasikan untuk mereka yang telah memberikan pelajaran berharga kepada United Coders dalam penanganan support dan maintenance.

1. Membuat Prosedur (Work Planning)

Buat prosedur standar penanganan masalah pada hardware, software, jaringan, simcard, operator atau modem Anda berdasarkan manual hardware/software/jaringan/operator yang Anda miliki. Buat pula prosedur standar penanganan komplain. Bedakan masalah pulsa tidak masuk karena gangguan dengan masalah karena sistem. Kecil kemungkinan seluruh komponen sistem: hardware, software, jaringan, simcard, operator atau modem anda bermasalah pada saat bersamaan. Kemungkinan itu memiliki istilah: Anda bernasib buruk.

Jangan lupa, informasi kontak yang harus dihubungi jika terjadi problem, supaya Anda atau staff tidak salah sambung. Kalau problem pulsa tidak masuk, kontak pihak Customer Service milik operator atau penyedia host-to-host, bukan ke software developer.

2. Menyusun Denah Sistem (Network Planning)

Buatlah skema yang menggambarkan layout jaringan (LAN), layout perkabelan (wiring), dengan informasi spek untuk masing-masing komputer. Anda bisa menggunakan software Microsoft Visio untuk membuat denah dengan mudah. Kalau Anda tidak terbiasa dengan Microsoft Visio, cukup membuat gambarnya dengan pensil. Pasang di whiteboard atau papan pengumuman di ruangan Anda. Jika Anda punya denah dengan Microsoft Visio, Anda bisa mengirimkan denah jaringan dan perkabelan jika teknisi atau staff support membutuhkan informasi tersebut.

Buat skema yang menggambarkan kondisi jaringan Anda. Buat alokasi IP sendiri, blok IP mana untuk server, blok IP mana untuk router, blok IP mana untuk PC lain, blok IP mana untuk laptop, dll. Jangan gunakan DHCP atau ip dinamik untuk server dan komputer-komputer yang bekerja melayani transaksi. Gunakan blok IP DHCP untuk komputer lain misalnya laptop yang jarang menggunakan kabel karena terkoneksi dengan WI-FI.

3. Gunakan Ruangan Khusus

Pisahkan server dari ruangan customer service, helpdesk, atau frontdesk. Letakkan di tempat yang tidak akan dijangkau oleh si kecil. Jika ruangan Anda kecil, gunakan rak yang bisa menghemat space.

Jangan sekali-kali meletakkan server di frontdesk hanya untuk pamer kepada customer Anda. Server dan sistem Anda tidak membutuhkan pujian dari customer Anda, tapi membutuhkan pengelolaan yang benar dan baik.

4. Supply Listrik yang Tepat (Power Planning)

Jangan sekali-kali menganggap sepele sistem supply listrik. Pelanggaran prosedur ini adalah resiko kebakaran dan rusaknya komponen catu daya (power supply) pada sistem Anda.

Hitung konsumsi daya maksimum untuk masing-masing perangkat listrik, komputer, monitor CRT, monitor LCD, modem GSM, charger handphone, speaker sound system, dan lain-lain. Gunakan power outlet yang sesuai untuk konsumsi daya tersebut. Jangan gunakan power outlet 5A untuk kebutuhan daya 2000 watt.

Power outlet tembaga memiliki konduktifitas paling baik namun cepat panas dan jika case plastiknya jelek akan cepat meleleh. Pakai bahan kuningan lebih baik. Jika Anda bingung, cari saja merek Broco (luar) atau Uticon (lokal). Agak mahal sedikit, tapi jauh lebih kuat.

Mini Circuit Breaker (MCB)

Sebelum membuka jalur supply listrik khusus server dan perangkat lainnya, pasang MCB antara ruangan server dengan kantor. Jika terjadi sesuatu dan menyebabkan lonjakan daya, listrik di kantor Anda tidak akan drop. Siapa tahu, tengah malam pegawai baru Anda menyalakan heater untuk bikin kopi, kabelnya dicolok ke power outlet di ruangan Anda dan bikin lonjakan daya yang cukup tinggi. Kalau seluruh kantor padam, jangan kaget besok Anda ditegur pengelola gedung.

5. Sistem Perkabelan yang Benar (Wiring)

Setiap kabel memiliki nilai hambatan (R) dalam satuan Ohm. Nilainya bisa Anda lihat di bungkus kabel (jacket). Jika kabel membentuk simpul berarti membentuk lilitan atau flux tunggal (N=1) dan memiliki nilai induktansi(L) dalam satuan Henry (H). Jika simpul tersebut ditumpuk, maka akan membentuk induktor dengan N>1. Jangan lupa, listrik PLN itu arus bolak-balik (alternating current) jadi nilai induktansi di tempat gulungan kabel tersebut berdenyut dengan frekuensi 50Hz (frekuensi tegangan PLN) sehingga ada magnetic flux yang berdenyut di area tumpukan kabel tersebut. Dengan demikian beban listrik Anda bertambah menjadi hambatan ditambah induktansi. Itu sebabnya konsumsi daya akan lebih besar ketimbang membuat jalur kabel yang lurus (tidak bergulung).

Tidak percaya? Gunakan obeng testpen yang peka medan listrik dan medan magnet!

6. Gunakan Uninteruptible Power System (UPS)

Ya, jangan serahkan sepenuhnya kepada PLN. Bersiaplah terjadi pemadaman mendadak, karena pasokan listrik PLN memang kurang. Jika terjadi jatuh tegangan, walaupun hanya 100 microseconds, itu waktu yang cukup lama untuk prosesor. UPS yang bagus dapat mengcover jatuh tegangan dengan mulus sehingga tidak terasa jatuh tegangan sama sekali. Namun biasanya cukup mahal. Kemampuan UPS untuk mengcover jatuh tegangan dinamakan nilai Q. Cek spesifikasi UPS yang Anda gunakan dan bandingkan nilai Q untuk UPS tersebut.

7. Selalu Gunakan Limited User

Buatlah user baru dengan group Users (Limited user di Windows XP) dan lakukan pekerjaan sehari-hari menggunakan user tersebut. Gunakan user Administrator untuk keperluan maintenance saja misalnya: install/uninstall software, install/uninstall driver, backup, dll. Repot sedikit tidak apa-apa, hanya makan waktu beberapa detik saja. Ketimbang beresiko sering install ulang Windows yang makan waktu > 45 menit karena kesalahan sepele?

8. Install dan Update Antivirus dan Firewall

Antivirus dan Firewall apa saja cukup baik kalau sering diupdate. Pasang di semua komputer di jaringan Anda. Mungkin Anda sudah hati-hati dalam memindah-mindahkan file. Orang lain bagaimana? Komputer atau laptop orang lain bagaimana? USB flashdisk orang lain bagaimana?

9. Lakukan Maintenance Berkala (Scheduled Maintenance)

Untuk maintenance yang tidak membutuhkan reboot server bisa dilakukan kapan saja antara lain: update Windows Server 2003, membersihkan folder temporary dan cache, defragmentasi harddisk, atau incremental database backup. Untuk maintenance yang membutuhkan reboot server sebaiknya dijadwalkan beberapa hari sebelumnya misalnya: update service pack, optimasi registry, dll. Untuk full database backup bisa dilakukan pada malam hari karena tidak membutuhkan downtime yang lama.

10. Pekerjakan Tenaga Administrator

Jika Anda tidak memiliki keahlian yang cukup, Anda bisa mempekerjakan tenaga Administrator yang melek administrasi sistem. Sebetulnya tidak perlu orang yang sangat ahli atau pintar segala bidang, yang penting bisa tahu di mana letak masalahnya, bisa mengkomunikasikannya dan bersedia bekerja sama. Mampu menggunakan browser, mengirim email atau chat sudah mutlak. Jangan salah, sering ditemukan lulusan S1 Teknik Informatika yang tidak bisa menggunakan browser. Tapi lulusan SMU atau SMK malah lebih menguasai bidang tersebut.

Nah, Anda tentu menemukan banyak hal sepele yang sering diabaikan dalam mengelola server sendiri. Bisa jadi karena Anda sibuk dengan masalah stok dan penjualan sehingga sistem terlantar.

Sistem komputer bukan cuma soal CPU, RAM, harddisk, jaringan, software. Tapi juga soal perkabelan, supply listrik, dan jangan lupa manusianya (brainware). Lebih dari 80 persen kerusakan adalah akibat kecerobohan manusianya (human error), sisanya terjadi pada perangkat hardware dan software.

Telantarkan sistem komputer Anda, maka mereka akan membuat anda sakit kepala. Sayangi sistem komputer Anda dan mereka akan bekerja menghasilkan uang banyak untuk Anda.

Minggu, 26 April 2009

Jenis-Jenis Komputer

Komputer boleh dibahagi kepada 5 kumpulan iaitu;
SuperComputer
Mainframe
Mini Computer
MicroComputer


SuperComputer
  • Cray ( Angkasawan USA )

  • The University of Illinois at Urbana-Champaign's National Center for Supercomputing Applications (NCSA),


Mini Computer

  • Server




MicroComputer

  • Personal Computer
  • Desktop Computer
  • Laptop Computer
  • Notebook Computer
  • Palmtops Computer






Defenisi dan Manfaat Utama E-GOVERNMENT

DEFINISI DAN MANFAAT UTAMA E-GOVERNMENT

1.1.Pendahuluan
Berbeda dengan definisi e-Commerce maupun e-Business yang cenderung universal, e-Government sering digambarkan atau dideskripsikan secara cukup beragam oleh masing-masing individu atau komunitas. Hal ini disebabkan karena berbagai hal :
Walaupun sebagai sebuah konsep e-Government memiliki prinsip-prinsip dasar yang universal, namun karena setiap negara memiliki skenario implementasi atau penerapannya yang berbeda maka definisi dari ruang lingkup e-Government pun menjadi beraneka ragam;
Spektrum implementasi aplikasi e-Government sangatlah lebar mengingat sedemikian banyaknya tugas dan tanggung jawab pemerintah sebuah negara yang berfungsi untuk mengatur masyarakatnya melalui berbagai jenis interaksi dan transaksi;
Pengertian dan penerapan e-Government disebuah negara tidak dapat dipisahkan dengan kondisi internal baik secara makro pemahamannya teramat sangat ditentukan oleh sejarah, budaya, pendidikan, pandangan politik, kondisi ekonomi dari negara yang bersangkutan dan
Visi, misi dan strategi pembangunan sebuah negara yang sangat unik mengakibatkan terjadinya beragam pendekatan dan skenario dalam proses pengembangan bangsa sehingga berpengaruh terhadap penyusunan prioritas pengembangan bangsa.

Masalah definisi ini merupakan hal yang penting, karena akan menajdi bahasa seragam bagi para konseptor maupun praktisi yang berkepentingan dalam menyusun dan mengimpelementasikan e-Government di suatu negara. Terkadanag definsi yang terlampau sempit akan mengurangi atau bahkan meniadakan berbagai peluang yang ditawarkan oleh e-Government, sementara definisi yang terlampau luas dan mengembang akan menghilangkan nilai (value) manfaat yang ditawarkan oleh e-Government.
Terlepas dari berbagai perbedaan yang ada, sebenarnya ada sebuah benag merah yang dapat ditarik dari kebhinekaan tersebut. Sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya terlebih dahulu bagaimana berbagai komunitas atau institusi didunia mendefiniskan e-Government.

1.2. Manfaat e-Government
Tanpa mengecilkan arti dari beragam contoh definisi yang telah dipaparkan sebelumnya, setidak-tidaknya ada tiga kesamaan karakteristik dari setiap definisi e-Government, yaitu masing-masing adalah :
Merupakan suafu mekanisme interaksi baru (modern), antara pemerintah dengan masyarakat dan kalangan lain yang berkepentingan (stakeholder); dimana
Melibatkan penggunaan teknologi informasi (terutama internet): dengan tujuan
Memperbaiki mutu (kualitas) pelayanan yang selama berjalan.

Secara jelas dua negara besar gang terdepan dalam mengimplementasikan konsep e-Government, yaitu Amerika dan dan Inggris melalui Al Gore dan bony Blair, telah secara jelas dan terperinci menggambarkan manfaat yang diperoleh dengan diterapkannya konsep e-Government bagi suatu negara, antara lain
Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada stakeholdernya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara
Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Corporate Governance;
Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi. relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari;
Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber­sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan; dan
Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada serta
Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.

Dengan kata lain, negara-negara maju memandang bahwa implementasi e-Government yang tepat akan secara signifikan memperbaiki kualtiasa kehidupan masyarakat di suatu negara secara khusus, dan masyarakat dunia secara umum. Oleh karena itu. impementasinya di suatu negara selain tidak dapat ditunda-tunda, harus pula dilaksanakan secara serius, dibawah suatu kepemimpinan dan kerangkan pengembangan yang holistik, yang pada akhirnya akan memberikan/mendatangkan keunggulan kompetitif secara nasional.
BAB III
KONSEP DAN VISI E-GOVERNMENT

2.1. Pemicu Utama e-Government
Dilihat dari sejarahnya, konsep e-Government berkembang karena
adanya 3(tiga) pemicu (driveis) utama, yaitu :
1.Era globalisasi yang datang lebih cepat dari yang diperkirakan telah membuat isu-isu semacam demokratisasi, hak asasi manusia, hukum, transparansi, korupsi, civil society, good corporate governance; perdagangan bebas, pasar terbuka, dan lain sebagainya menjadi hal-hal utama yang harus diperhatikan oleh setiap bangsa jika yang bersangkutan tidak ingin diasingkan dan pergaulan dunia. Daiam format ini, pemerintah harus mengadakan reposisi terhadap peranannya di dafam sebuah negara, dari yang bersifat internal dan fokus terhadap kebutuhan dalam negeri, menjadi lebih berorientasi kepada eksternal dan fokus kepada bagaimana memposisikan masyarakat dan negaranya di dalam sebuah porgaulan global. Jika dahulu di dalam sebuah negara kekuasaan lebih berpusat pada sisi pemerintahan (supply side), sehingga tuntutan masyarakat terhadap kinerja pemerintahannya menjadi semakin tinggi (karena untuk dapat bergaul dengan mudah dan efektif dengan masyarakat negara lain, masyarakat di sebuah negara harus memiliki sebuah lingkungan yang kondusif dimana hal ini merupakan tanggungjawab pemerintah).
2.Kemajuan teknologi informasi (Komputer dan telekomunikasi) terjadi sedemikian pesatnya sehingga data, informasi, dan pengetahuan dapat diciptakan dengan teramat sangat cepat dan dapat segera disebarkan ke seluruh lapisan masyarakat di berbagai belahan duni dalam hitungan detik. Hal ini berarti bahwa setiap individu di berbagai negara di dunia dapat saling berkomunikasi secara langsung kepada siapapun yang dikehendaki tanpa dibutuhkan perantara (mediasi} apapun. Tentu saja buah dari ternoiogi ini akan sangat mempengaruhi bagaimana pemerintah di nnasa modern harus bersikap dalam melayani masyarakatnva, karena banyak aspek-aspek dan fungsi-fungsi pemerintah konvensional yang secara tidak langsung telah diambil alih oleh masyarakatnya sendiri (misalnya masalah pers, sosial, agama, pendidikan; kesehatan, dan lain sebagainya) karena adanya teknologi ini. Inilah alasan lain mengapa pemerintah bersangkutan dapat secara benar dan efektif rnereposisikan peranan dirinya.
3.Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di dunia tidak terlepas dari semakin membaiknya kinerja industri di dunia tidak terlepas dari semakin membaiknya kinerja industri swasta dalam melakukan kegiatan ekonominya. Keintiman antara masyarakat (sebagai pelanggan) dengan petaku ekonomi (padagang, investor, perusahaan, dan lain-lain) telah membuat terbentunya sebuah standard pelayanan yang semakin membaik dari waktu ke waktu. Percepatan peningkatan kinerja di sektor swasta ini tidak diikuti dengan pecepatan yang sama di sektor publik, sehingga masyarakat dapat mehhat adanya kepincangan dalam standard kualitas pemberian pelayanan. Dengan kata lain, secara tidak langsung tuntutan masyarakat agar pemerintah meningkatkan kinerjanya semakin tinggi; bahkan jika terbukti terjadirya penyimpangan-penyimpanan dalam pengelolaan uang rakyat, masyarakat tidak segan-segan untuk mengevaluasi kinerja pemerintah melalui demonstrasi atau jalur-jalur lainnya.

Ketiga aspek di atas menyebabkan terjadinya tekanan dari masyarakat agar pernerintah memperbaiki kinerjanya secara signifikar; dengan cara memanfaatkan berbagai teknoiogi informasi yang ada. Negara Inggris misalnyamelihat perkawinan antara pemerintah dengan teknologi melahirkan sebuah konsep yang diistilahkan sebagai Electronic Service Delivery (ESD), yaitu bagaimana melalui media elektronik dan digital, pemerintah dapat menyediakan jasa pelayanan kepada masyarakatnya. ESD ini kemudian berkembang dan menjadi cikal bakal e-Government, yaitu mekanisme dimana pemerintah menggunakan teknologi informasi (terutama internet) sebagai sarana Utama yang menghubungkan dirinya dengan para stakeholder, yaitu masyarak-at umum, kalangan industri, dan sektor publik lainnya.

2.2. Visi e-Government
Konsep e-Government ini berkembang di atas tiga kecenderungan yaitu:
Masyarakat bebas memilih bilamana dan darimana yang bersangkutan ingin berhubungan dengan pemerintahnya untuk melakukan berbagai transaksi atau mekanisme interaksi yang diperlukan selama 24 hari sehari dan 7 hari seminggu (non-stop);
Untuk menjalankan mekanisme interaksi tersebut masyarakat dapat dan boleh memilih berbagai kanal akses (multiple channels), baik yancg sifatnya tradisional/konvensional maupun yang maupun yang paling modern, baik yang disediakan oleh pemerintah maupun kerja sama antara pemerintah dengan sektor swasta atau institusi non komersial lainnya; dan
Seperti layaknya konduktor dalam sebuah orkestra, pemerintah dalam hal ini berperan sebagai koordinator utarna yang memungkinkan berbagai hal yang diinginkan masyarakat tersebut terwujud artinya yang bersangkutan akan membuat sebuah:h suasana yang kondusif agar tercipta sebuah lingkungan penye!enggaraan pemerintahan seperti yang dicita-citakan rakyatnya tersebut.

Berdasarkan hal tersebut,maka selayaknya apabila sebuah negara memiliki visi e-Governmentnya masing-masing, sesuai dengan karakteristik dan cita-cita bangsanya.
Visi e-Government baik akan berdasarkan pada empat prinsip utama yaitu :
Prinsip pertama : Fokuslah pada perbaikan pelayaan pemerintahan kepada masyarakat. Karena bagitu selayaknya jenis pelayanan diberikan pemerintah kepada masyarakatnya, maka harus dipikirkan pelayanan mana saja yang menjadi prioritas.
Prinsip kedua : Bangunlah sebuah lingkungan yang kompetitif. Yang dimaksud dengan lingkungan yang kompetitif disini adalah bahwa misi untuk melayani masyarakat tidak hanya diserahkan, dibebani, atau menjadi hak dan tanggung jawab institusi publik (pemerintah) semata, tetapi sektor swasta dan non komersial diberikan pula kesempatan untuk melakukannya.
Prinsip ketiga : Berikan penghargaan pada inovasi,dan berilah ruang kesempatan bagi kesalahan.
Prinsip keempat: Tekanlah pada pencapaian organisasi.
BAB III
ELEMEN SUKSES PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT

Menurut hasil kajian dan dan riset dari Harvard JFK School of Government untuk menerapkan konsep-konsep digitalisasi pada sektor publik, ada tiga elemen sukses yang harus dimiliki dan diperhatikan sungguh-sungguh. Masing-masing elemen sukses tersebut adalah: Support, Capacity, dan Value.

3.1. Support
Elemen pertarna dan paling krusia! yang harus dimifiki oleh pemerintah adalah keinginan (intent) dari berbagai kalangan pejabat publik dan politik untuk benar--benar menerapkan konsep e-Goverment; bukan hanya sekedar mengikuti trend atau justru menentang inisiatif yang berkaitan dengan prinsip-prinsip a-Government. Yang dimaksud dengan dukungan di sini juga bukanlah hanya pada omongan semata, namun lebih jauh lagi dukungan yang diharapkan adalah dalam bentuk hal-hal sebagai berikut :
Disepakatinya kerangka e-Government sebaaai salah satu kunci sukses negara dalam mencapai visi dan misi bangsanya.
Dialokasikannya sejumlah sumber daya (manusia, finansial, tenaga, waktu, informazi, dan lain-lain di setiap tataran pemerintahan.
Dibangunnya berbagai infrastruktur.
Struktur dan superstruktur pendukung agar tercipta lingkungan kondusif untuk pengembangkan e-Government; dan
Disosialisasikannya konsep e-Government secara merata, kontinyu. konsisten, dan menyeluruh kepada seluruh kalangan birokrat secara khusus dan masyarakat secara umum melalui berbagai cara kampanye yang simpatik.

3.2. Capacity
Yang dimaksud dengan elemen kedua ini adalah adanya unsur kemampuan atau keberdayaan dari pemerintah setempat dalam mewujudkan impian e-Government terkait menjadi kenyataan. Ada tiga hal minimum yang paling tidak harus dimiliki oleh pemerintah sehubungan dengan elemen ini, yaitu :
Ketersediaan sumber daya yang cukup untuk melaksanakan berbagai inisiatif e-Government, terutama yang berkaitan dengan sumber daya finansial.
Ketersediaan infrastruktur teknologi inforrnasi yang menandai karena fasilias ini merupakan 50% dari kunci keberhasilan peneranan konsep e-Government, dan
Ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan agar penerapan e-Government dapat sesuai dengan asas manfaat yang diharapkan.

3.3. Value
Elemen pertama dan kedua merupakan dua buah aspek yang dilihat dart sisi pemerintah selaku pihak pemberi jasa (supply side). Berbagai inisiatif e-Government tidak akan ada gunariya jika tidak ada pihak yang merasa diuntungkan dengan adanya implementasi konsep tersebut: dan dalam hal ini, yang menentukan besar tidaknya manfaat yang diperoleh dengan adanya e-Government bukanlah kalangan pemerintah sendiri, melainkan masyarakat dan mereka yang berkepentingan (demand side). Untuk itulah maka pemerintah harus benar--benar teliti dalam memilih prioritas jenis aplikasi e-Government apa saja yang harus didahulukan pembangunannya agar benar-benar memberikan value (Manfaat) yang secara signifikan dirasakan, oleh masyarakat justru akan mendatangkan bumerang bagi pemerintah yang akan semakin mempersulit meneruskan usaha mengembangkan konsep e-Government.
Perpacuan antara kegiatan elemen terpenting di atas akan membentuk sebuah nexus atau pusat syaraf jaringan e-Government yang merupakan kunci sukses utama menjamin keberhasilan. Atau dengan kata lain, pengalaman memperhatikan bahwa jika elemen yang menjadi fokus sebuah pemerintah yang berusaha menerapkan konsep e­-Government berada di luar area tersebut (ketiga elemen pembentuk nexus) tersebut, maka probabilitas kegagalan proyek tersebut akan tinggi.
BAB IV
JENIS-JENIS PELAYANAN PADA E-GOVERNMENT

Dalam implementasinya dapat dllihat sedemikian beragam tipe palayanan yang ditawarkan oleh pemerintah kepada masyarakatnya melalui e-Governrnent. Salah satu cara mengkategorikan jenis-jenis pelayanan tersebut adalah dengan melihatnya dari dua aspek utama :
Aspek kompleksitas, yaitu yang menyangkut seberapa rumit anatomi sebuah aplikasi e-Government yang ingin dibangun dan diterapkan; dan
Aspek manfaat, yaitu menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan besarnya manfaat yang dirasakan oleh para penggunanya.
Berdasarkan dua aspek di atas; maka jeni-jenis proyek e-Government dapat dibagi menjadi tiga kelas utama, yaitu : Publish, Interact, dan Transact.

4.1. Publish
Jenis ini merupakan implementasi e-Government yang termudah karena selain proyeknya yang berskala kecil, kebanyakan aplikasinya tidak perlu melibatkan sejumlah sumber daya yang besar dan beragam.

4.2. Interact
Berbeda dengan kelas publish yang sifatnya pasif, pada kelas interact telah terjadi komunikasi dua arah antara pemerintah dengan mereka yang berkepentingan. Ada dua jenis aplikasi yang biasa dipergunakan. Yang pertama adalah bentuk portal dimana situs terkait memberikan fasilitas searching bagi mereka yang ingin mencari data atau informasi secara spesifik sedangkan yang kedua adalah pemerintah menyediakan kanal dimana masyarakat dapat melakukan diskusi dengan unit-unit tertentu yang berkepentingan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
4.3 Transact
Yang terjadi pada kelas ini adalah interaksi dua arah seperti pada kelas interact, hanya saja terjadi sebuah transaksi yang brehubungan dengan perpindahan uang dari satu pihak ke pihak fainnya. Aplikasi ini jauh lebih rumit dibandingkan dengan dua kelas lainnya karena harus adanya sistem keamanan yang baik agar perpindahan uang dapat dilakukan secara aman dan hak-hak privacy berbagai pihak yang bertransaksi terlindungi dengan baik.
BAB V
EMPAT TIPE RELASI E-GOVERNMENT

5.1. Government to Citizens
Tipe G-to-C ini merupakan aplikasi e-Government yang paling umum, yaitu dimana pemerintah membangun dan menerapkan berbagai portofolio teknologi informasi dengan tujuan utama untuk memperbaiki hubungan interaksi dengan masyarakat (rakyat). Dengan kata lain, tujuan dari dibangunan aplikasi e-Government; bertipe G-to-C adalah untuk medekatkan pemerintah dengan rakyatnya melalui kanal-kanal akses yang beragam agar masyarakat dapat dengan mudah menjangkau pemerintahannya untuk pemenuhan berbagai kebutuhan pelayanan sehari-hari. Contoh aplikasinya adalah sebagai berikut :
Departemen Agama membuka situs pendaftaran bagi mereka yang berniat untuk melangsungkan ibadah haji ditahun-tahun tertnetu sehingya pemerintah dapat mempersiapkan kuota haji dan bentuk pelayanan perjalanan yang sesuai.

5.2. Government to Business
Salah satu tugas utama dari sebuah pemeriniahan adalah mer,ibentuk sebuah lingkungan hisnis yang kondusif agar roda perekonomian sebuah negara dapat berjalan sebagaimana mestinya. Contoh dari aplikasi e-Government berjenis G-to-B ini adalah sebagaii berikut :
Para perusahaan wajib pajak dapat dengan mudah menjalankan aplikasi berbasi web menghitung besarnya pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah dan melakukan pembayaran melalui internet;

5.3. Government to Government
Di era globalisasi ini terlihat jelas adanya kebutuhan bagi negara­negara untuk saling berkomrInikasi secar alebih intens dari hari-ke hari. Berbagai penerapan e-Government bertipe G-to-G ini yang telah dikenal antara lain :
Hubungan administrasi antara kantor-kantor pemerintah setempat dengan sejumlah kedutaan-kedutaan besar atau konsulat jendral untuk membantu penyediaan data dan informasi akurat yang dibutuhkan oleh para warga negara asing yang sedang berada di tanah air;
Aplikasi yang menghubungkan kantor-kantor pemerintahan setempat dengan bank-bank asing milik pemerintah di negara lain dimana pemerintah setempat menabung dan menanamkan uangnya;
Pengembangan suatu sistem basis data intelijen yang berfungsi untuk medeteksi mereka yang tidak boleh masuk atau keluar dan wilayah negara (cegah dan tangkal).

5.4. Government to Employees
Pada akhirnya aplikasi e-Government juga diperuntukkan untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan para pegawai negeri atau karyawan pemerintahan yang bekerja di sejumlah institusi sebagai pelayanan masyarakat. Berbagai jenis aplikasi yang dapat dibangun dengan menggunakarr formal G-to-E ini salah satunya :
Aplikasi terpadu untuk mengelola berbagai tunjangan kesejahteraan, yang merupakan hak dari pegawai hak dari pegawal pemerintahan sehingga yang bersangkutan dapat terlindungi hak­hak individualnya.

Aplikasi Komputer

APLIKASI KOMPUTER
Aplikasi Komputer atau Aplikasi Software :
a. Adalah Program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa
pemrograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah
tertentu.
b. Melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai kebutuhan user.
Exp.
a. Program-program dalam dunia perbankan yang
digunakan untuk menyediakan informasi rekening
bulanan para nasabah.
b. Program dalam perusahaan penerbangan yang
memberikan informasi pemesanan dan jadwal
penerbangan.
c. Merupakan salah satu tipe dari software komputer.
JENIS-JENIS APLIKASI KOMPUTER
APLIKASI JARINGAN
Jaringan Komputer atau jaringan adalah koordinasi komunikasi
dalam suatu system tertentu diantara central/pusat (server) dan
beberapa anggotanya (client).
Topologi jaringan adalah pola hubungan antara terminal dalam
jaringan komputer.
Star
CPU
CPU CPU
CENTRAL
COMPUTER
CPU CPU
Keuntungan :
a) Keterandalan terbesar diantara topologi yang lain
b) Mudah dikembangkan dan keamanan data tinggi
c) Kemudahan akses ke jaringan LAN lain.
Kerugian :
a. Lalu lintas padat dapat menyebabkan jaringan lambat
b. Jaringan tergantung pada terminal pusat.
Ring
CPU
CPU CPU
CPU CPU
Keuntungan :
a) Laju data tinggi.
b) Dapat melayani lalu lintas data yang padat
c) Tidak diperlukan host, relatif lebih murah
d) Dapat melayani berbagai media pengirim.
e) Komunikasi antar terminal mudah.
Kerugian :
a. Tidak kondusif untuk pengiriman suara, video, dan data
b. Kerusakan pada media pengirim dapat menghentikan kerja seluruh
jaringan.
c. Penambahan atau pengurangan terminal sangat sukar.
CPU CPU
Bus (multipoint)
SERVER
CPU CPU
Keuntungan :
a) Kemampuan pengembangan tinggi (open-endedness)
b) Jarak LAN tidak terbatas
c) Keterandalan jaringan dan kecepatan pengiriman tinggi.
d) Tidak diperlukan pengendali pusat.
e) Jumlah terminal dapat ditambah atau dikurangi tanpa menggangu
operasi yang telah berjalan.
Kerugian :
a) Jika tingkat lalu lintas terlalu tinggi dapat terjadi kongesti
(kemacetan)
b) Diperlukan repeater untuk menguatkan sinyal.
c) Operasional jaringan LAN tergantung pada setiap terminal.
Hierarki
LARGE SCALE
MAINFRAME COMPUTER
SYSTEM
MINICOMPUTER
MINICOMPUTER
SYSTEM
SYSTEM
MICROCOMPUTER
MICRO TERMINAL TERMINAL
COMPUTER
Pada topologi hierarki, tidak semua terminal mempunyai kedudukan
yang sama. Terminal dengan kedudukan lebih tinggi menguasai
terminal di bawahnya dan dengan demikian jaringan tergantung pada
terminal dengan kedudukan paling tinggi.
APLIKASI GRAFIK
Aplikasi komputer grafik awal perkembangannya dimulai pada
akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program
komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar yang
memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu.
2 cara nyata yang dapat memasukkan informasi grafik ke
dalam komputer menjadi suatu aplikasi, yaitu :
1. Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya
ke dalam bahasa pemrograman.
2. Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan
mouse.
ANIMASI
Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan
gerakan kehidupan pada suatu obyek. Untuk mencapai efek tersebut,
animator harus membangun rangkaian frame/gambar dari sebuah
subyek, yang setiap frame berikutnya sedikit berbeda dari frame
sebelumnya.
Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk
menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah
animasi tiga dimensi (3D). Satu daripada tekniknya ialah dengan
mencipta objek yang kemudian disesuaikan dan digerakkan, di mana
akhirnya akan menghasilkan animasi 3D yang lengkap.
Fungsi lain untuk mencipta animasi komputer ialah dengan
menggunakan alat pengecatan komputer yang standard untuk
mengecat frame-frame tunggal sebelum dilakukan proses
penggabungan. Ini kemudian disimpan sebagai sebuah file gambar
(movie)
APLIKASI WEB
Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer
yang memberikan pelayanan http (world wide web).
Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua
sumber daya dan semua pengguna diintenet yang menggunakan
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti
email aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini
kadang disebut "The Killer Application" atau "the world is at your
fingertip" kerana kita boleh mendapatkan maklumat dengan begitu
mudah sekali bukan sekadar teks bahkan gambar (images), maupun
multimedia.
Dalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat dilakukan seperti:
· memesan atau membeli suatu barang secara online
· mendaftar secara online
· mencapai multimedia, dlsb.
Maklumat yang diletakkan di WWW disebut "HomePage" dan setiap
homepage mempunyai alamatnya masing-masing. Untuk dapat
menarik perhatian pengguna sehingga homepage dapat sering
dikunjungi, maka kita harus merekabentuk semenarik mungkin dan
banyak terdapat maklumat yang jelas. Dalam hal ini bidang seni
sangat diperlukan, sehingga dunia periklanan dan dunia perniagaan
semakin bagus. Aplikasi browser yang paling sering digunakan saat
ini di dunia adalah Netscape Navigator selain daripada Internet
Explorer.
APLIKASI PENDIDIKAN
Computer Assisted Instruction (CAI)
Komputer secara langsung digunakan dalam proses
belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku.
Beberapa aplikasi CAI adalah :
a. Drill and Practice
b. Tutorial
c. Simulasi
Computer Managed Instruction (CMI)
Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah,
disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar
dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.
Computer Assisted Testing (CAT)
Komputer digunakan sebagai media ujian. Bentuknya bermacam-
macam, dari mulai yang sederhana dimana komputer (biasanya
melalui layar peraga) digunakan sebagai pengganti soal ujian dalam
bentuk kertas, sampai kepada bentuk yang lebih maju, dimana
kemampuan komputer dimanfaatkan untuk menggali kemampuan
siswa dengan cara-cara tanya jawab secara aktif.
APLIKASI BISNIS / PERKANTORAN
Setiap bisnis, besar atau kecil, memproses sejumlah data yang besar
dalam operasi hariannya. Data diperoleh dari payroll, faktur customer
dan rekening keuangan, inventaris manajemen, dan rekening biaya
customer yang semuanya harus dikalkulasi, disimpan,
diklasifikasikan, disortir, diretriev, diproses kembali, dilaporkan,
dikomunikasi dan disebarkan pada suatu waktu. Pemrosesan data
seperti itu dikenal sebagai Business Data Processing atau Data
Processing (DP). Jika pemrosesan ini dilakukan dengan komputer,
hal ini dikenal dengan Electronic Data Processing (EDP).
DBMS (Data Base Management System)
Komputer juga dapat digunakan secara efektiv dalam bisnis
management. Melalui komputerisasi data base management system
(DBMS) dan SIM, seorang manajer atau eksekutive perusahaan
dapat dibantu dalam membuat keputusan tentang seluruh operasi
bisnisnya dan dapat memberikan bimbingan dan instruksi kepada
bawahannya.
APLIKASI UNTUK KELAS TERTENTU
Air Traffic Control System
Airline Reservation Systems

jenis-jenis kabel data untuk koneksi hanphone ke komputer

Jenis-Jenis kabel Data untuk koneksi handphone ke Komputer

Kabel data, salah satu alat untuk sinkronisasi handphone ke komputer atau laptop kita. Kabel data ini sangat berguna untuk transfer file baik gambar, dokumen ataupun video dari handphone ke laptop/komputer atau sebaliknya. Mungkin sudah kita semua sudah banyak yang mengenal macam-mcam kabel data untuk handphone.

Untuk mengingat saja, berikut ini adalah macam-macam kabel data yang biasa digunakan untuk koneksi handphone ke komputer atau laptop.

1. Kabel Data DKU-5 (Nokia)

kabel jenis ini biasanya g disertakan dalam paket penjualan. meski punya colokan USB, sebenarnya kabel ini merupakan kabel serial dengan kecepatan rata-rata 20 kbps, walau di setingan kompi dibuat hingga 115 kbps atau 230 kbps. lumayan cepat untuk jika untuk transfer file, tapi kurang ngegigit jika di jadikan modem.
ponsel yang menggunakan DKU-5 diantaranya:
Nokia 2112, Nokia 2280, Nokia 3100, Nokia 3105, Nokia 3108, Nokia 3120, Nokia 3120, Nokia 3200, Nokia 3205, Nokia 3220, Nokia 3585, Nokia 3586, Nokia 5100, Nokia 5140, Nokia 6015, Nokia 6100, Nokia 6108, Nokia 6220, Nokia 6225, Nokia 6585, Nokia 6610, Nokia 6610i, Nokia 6800, Nokia 6820, Nokia 7200, Nokia 7210, Nokia 7250, Nokia 7250i, Nokia 7260

2. kabel data DKU-2 (Nokia)

kabel jenis ini biasanya disertakan dalam paket penjualan. berbeda dengan DKU-5 yang membutuhkan konversi serial ketika dihubungkan ke pC, DKU-2 mampu langsung di baca oleh port USB karena berjenis POP-Port. namun, karena masih menggunakan USB versi 1.0, maka kecepatannya pun masih berkisar antara 1,5 hingga 12 Mbps.
ponsel yang mendukung DKU-2 diantaranya:
Nokia 3155, Nokia 3300, Nokia 6155, Nokia 6230, Nokia 6230i, Nokia 6235, Nokia 6255, Nokia 6260, Nokia 6650, Nokia 6630, Nokia 6680, Nokia 6681, Nokia 7270, Nokia 7600, Nokia 7610, Nokia 9300, Nokia 9300i, Nokia E60, Nokia E70

3. Kabel data CA-42 (Nokia)

merupakan kabel data generasi baru dari DKU-5, meskipun sama-sama serial, kabel data CA-42 memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
lebih hemat energi, kemampuan plug and play.
ponsel yang mendukung CA-42 diantaranya:
Nokia 2112, Nokia 2116, Nokia 2118, Nokia 2125, Nokia 2280, Nokia 2855, Nokia 3100, Nokia 3105, Nokia 3108, Nokia 3120, Nokia 3125, Nokia 3200, Nokia 3205, Nokia 3220, Nokia 3586, Nokia 5100, Nokia 5140i, Nokia 6012, Nokia 6015, Nokia 6020, Nokia 6021, Nokia 6100, Nokia 6101, Nokia 6103, Nokia 6108, Nokia 6220, Nokia 6225, Nokia 6585, Nokia 6610, Nokia 6610i, Nokia 6800, Nokia 6820, Nokia 6822, Nokia 7200, Nokia 7210, Nokia 7250, Nokia 7250i, Nokia 7260, Nokia 7360

4. Kabel data CA-53 (Nokia)

merupakan kabel data generasi baru dari DKU-2, merupkan kabel true USB dengan dukungan USB versi terbaru (ver 2.0)

Note,
kabel mini USB di N-Gage klasik tidak bisa dianggap sebagai kabel data,
kabel ini hanya mampu membaca MMC dalam ponsel.
tetapi jika mini USB type DKE-2 termasuk kabel data

5. Kabel data DCU-11 (Sony Ericsson)

memungkinkan sinkronisasi PC dengan ponsel dalam kecepatan 20 kbps - 115 kbps, ponsel yang mendukung DCU-11 diantaranya:
Z300a, T29a, J300a, J290a, S710a, S700i, K500i, K700i, Z500a, P910a, Z502a, T637, Z600, P900, T630, T616, T610, T316, T310, T306, P800, T61u, T68i, T60c, T61z, T68, T60LX, T60d, R300LX, A2218z, R300d, R300z, R380 World, T28 World, T28z

6. Kabel data DCU-60 (Sony Ericsson)

diklaim menggunakan USB ver 2.0 yang memungkinkann transfer data mencapai 480 mbps. ponsel yang mendukung DCU-60 diantaranya:
D750i, K750i, W550i, W800i, W810i, W900i, Z520i

7. kabel data DCA-500 (Siemens)

kabel ini memiliki konektor serial (RS232), transfer data dapat dilakukan dalam kecepatan 20 kbps - 115 kbps. kabel data ini dapat juga digunakan untuk upgrade firmware, ponsel yang mendukung DCA-500 diantaranya:
SP65, SL75, SL65, SL55, SK65, S75, S65, S55, ME75, MC60, M75, M65RE, M65, M55, CX75, CFX65, CF75, CX70emo, CX70, CX65, CL75, CF 62, CF110, C75, C72, C65, C62, C60, C55, AX75, AX72, A65, A62, A60

8. kabel data DCA-510 (Siemens)

kabel ini sudah menggunakan konektor serial, transfer data dapat dilakukan dalam kecepatan 115 kbps- 460 kbps. kemampuan yang dimiliki hampir sama dengan kabel data DCA-500, namun kabel ini dapat berfungsi sebagai charge juga. (kabel buatan pihak ketiga yang hampir sama adalah MA-8720p)
ponsel yang mendukung DCA-510 diantaranya:
SP65, SL75, SL65, SL55, SK65, S75, S65, S55, ME75, MC60, M75, M65RE, M65, M55, CX75, CFX65, CF75, CX70emo, CX70, CX65, CL75, CF 62, CF110, C75, C72, C65, C62, C60, C55, AX75, AX72, A65, A62, A60

9. kabel data DCA-540 (Siemens)

merupakan kabel true USB dengan kecepatan 12 mbps, kabel data ini tidak dapat digunakan untuk upgrade Firmware dan charging. ponsel yang mendukung DCA-540 diantaranya:
SXG75, SX1, SP65, SL75, SL65, SL55, SP65, SK65, S75, S65, ME75, M75, M65RE, M65, CX75, CX70emo, CX70, CX65, CL75, CFX65, CF75, C75, C72, C65

10. kabel data DCA-010 (Siemens)

menggunakan koneksi true USB, memungkinkan transfer data hingga 480 mbps. ponsel yang mendukung DCA-010 diantaranya:
U15, U10

11. Kabel mini USB

kabel jenis ini memiliki kecepatan transfer 1,5 mbps - 12 mbps dengan dukungan aplikasi Mobile Phone Tool, untuk beberapa type ponsel motorola, kabel ini berfungsi juga sebagai charge. kabel ini mudah ditemui ditoko-toko, harganya berkisar 10.000 - 40.000
ponsel yang mendukung diantaranya:
C650, L6, L7, RAZR

12. Kabel data UC600

kabel jenis ini memiliki kecepatan hingga 12 mbps dengan dukungan aplikasi Mobile Phone Tool, harganya berkisar 150.000 untuk original dan 50.000 untuk versi TW. ponsel yang mendukung diantaranya:
A835, A920, A925, T720i, V300, V500, V525, V600, V60i, V70, E398, ROKR

Mungkin itu dulu saja jenis-jenis kabel data yang kita ulas kali ini. Bila ada yang mau menambahkan, silahkan.

Jumat, 17 April 2009

Merakit sendiri kabel network dengan connector RJ-45 (versi tulis ulang)

Merakit Sendiri Kabel Network Dengan Connector RJ-45 (versi tulis ulang)

April 18 , 2009

kabelethernet.jpg









Sesuai dengan informasi pada
postingansebelumnya dimana
artikel ini kehapus dengan tidak
sengaja, ini dia versi baru artikelnya.

Bagi seorang pekerja IT, apalagi kalau dia seorang Networ Administrator, merakit kabel jaringan merupakan hal mutlak dan mendasar untuk diketahui. Karena bisa dikatakan, di-era networking saat ini, penggunaan kabel jaringan sangat diperlukan, meskipun teknologi wireless sudah semakin banyak dipergunakan, tetapi bagi sebagian besar pengguna jaringan, pemakaian kabel jaringan lebih dipilih daripada jaringan nirkabel.

Hal ini disebabkan karena tingkat kecepatan dari kabel yang rata – rata sekitar 100 Mbps atau kurang, masih lebih tinggi daripada menggunakan teknologi wireless yang kecepatannya rata – rata berkisar 54 Mbps atau kurang. Ditambah lagi dengan tingkat stabilitasnya. Meskipun yah, kerjaannya jadi nambah.

Oke, kita lanjutkan. Berikut ini kita akan mempelajari bagaimana merakit sendiri kabel jaringan, yang mudah – mudahan bisa anda lakukan sendiri setelah mempelajari tutorial ini. Jadi, mungkin suatu saat nanti, jika anda membutuhkan kabel jaringan, anda bisa membuatnya sendiri dan tidak perlu lagi memanggil seorang network administrator untuk melakukannya (minta maaf ya buat teman – teman para network administrator, kalau sedikit “lahan” kerjaannya harus diambil, ini kan demi kepentingan informasi dan ilmu pengetahuan juga, meskipun yah, seperti membakar dapur sendiri :lol: ).

Kabel Network terdiri atas 2 jenis yaitu Straight-through Cable dan Crossover Cable. Tujuan dan penggunaannya sama, hanya berbeda pada orientasinya saja, Straight Cable digunakan untuk menghubungkan beberapa client dengan menggunakan bantuan hub atau switch sebagai network manager. Sedangkan Crossover Cable, dapat digunakan untuk menghubungkan 2 unit client secara langsung, ataupun menghubungkan single computer dengan router.

Alat - Alat Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mulai Merakit Kabel

Sebelum memulai merakit, kita perlu mempersiapkan beberapa item berikut ini:

  1. ethernetcable2.jpgUTP Cable: Sudah pasti kita membutuhkan item ini J. Pastikan jenisnya CAT5 atau CAT6 yang merupakan standar internasional untuk kabel jaringan. Harganya mungkin berkisar antara Rp. 300.000 s/d Rp. 1.200.000 ber box alias 50 meter, tergantung merek, dan kualitas. Biasnya sih aku pake merk BELKIN.
  2. rj45.jpgKonektor RJ-45 : RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Untuk kabel telepon biasanya menggunakan RJ-11, dan untuk kabel network tipenya RJ45. Harganya sekitar Rp. 50.000 s/d Rp. 150.000 per kotak dengan 100 unit konektor.
  3. crimpingtool.jpgCrimping Tool: Ini merupakan senjata kita dalam merakit kabel, karena dia punya kemampuan menyatukan dan menjepit kabel dengan konektor selain juga bisa dipakai untuk memotong kabel. Harganya sekitar Rp. 150.000
  4. cutter.jpgCutter: Digunakan untuk memotong dan merapikan kabel agar lebih mudah dimasukkan kedalam lubang connector RJ-45. Harganya sekitar Rp. 5000
  5. cabletester.jpgCable Tester: Ini digunakan setelah kita selesai merakit kabel, berfungsi untuk mengetes apakah kabel sudah dirakit dan berfungsi dengan benar. Tanpa ini, kita akan sedikit repot untuk mengetesnya langsung pada instalasi jaringan. Bayangin kalau udah dengan “semangat ‘45” kita udah melakukan instalasi kabel, dan ternyata gak berfungsi dengan baik??? Capeee Deeeeh… :lol: . Btw, harganya berkisar antara Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 200.ooo
  6. Kopi dan Snack :lol:

Klik disini untuk lanjutannya…

Kamis, 16 April 2009

CARA MEMBUAT BLOG

Membuat Blog Itu Mudah

Pada Lensa ini Anda akan dipandu membuat blog dari blogger.com. Anda akan mampu membuat blog tanpa perlu berdiri terlebih dari kursi Anda saat ini, karena sangat mudah.


Langkah 1: Daftar Google

Daftarkan Diri Anda di Google

Lho koq di Google...?
Katanya mau ngajarin bikin blog di blogger.com, koq malah di Google..?
Tidak salah, karena untuk masuk ke blogger, Anda harus memiliki login google.com.

Silahkan kunjungi http://www.blogger.com.
Jika Anda sudah memiliki login di Google, Anda tinggal login, maka Anda akan masuk ke Control Panel atau Panel Kontrol.

Oh ya, Anda bisa memilih bahasa, apakah Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Untuk kali ini saya anggap Anda belum memiliki login Google.

Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.

Sejauh ini sangat mudah dan akan terus mudah.

Di atas adalah halaman Pertama blog

Langkah 2: Daftar Blog

Lengkapi Pendaftaran Anda

Setelah Anda klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA, maka akan muncul formulir seperti yang ada pada gambar dibawah

Proses ini akan menciptakan account Google yang dapat Anda gunakan pada layanan Google lainnya.
Jika Anda sudah memiliki sebuah account Google mungkn dari Gmail, Google Groups, atau Orkut.

Satu account Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Google.
Dan jika Anda sudah memiliki accout google, Anda bisa langsung login (masuk). Untuk login ke Google, Anda harus login dengan menggunakan alamat E-mail.

Silahkan lengkapi.

1. Alamat email yang Anda masukan harus sudah ada sebelumnya. Anda akan dikirim konfirmasi ke E-mail tersebut.
Jika Anda menggunakan E-mail palsu atau E-mail yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Anda tidak perlu menggunakan E-mail gmail.com. Email apa saja bisa koq..

2. Lengkapi data yang lainnya.

3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju. BTW Anda sudah membacanya?

Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan lanjutkan.

Di atas adalah form pendaftaran 1

Di atas adalah form pendaftaran 2

Langkah 3: Membuat Blog

Memilih Nama Blog dan URL Blog

Jika Anda berhasil, anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah. Jika anda gagal.......?
Gagal biasanya karena verifikasi kata Anda salah. Itu wajar karena, sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi sampai benar. Saya sendiri sampai mengulang sampai beberapa x..

Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.
Sekarang Anda mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda.

Sebagai contoh, saya menamakan blog tersebut dengan nama Hasna Zahidah.

Jika Anda membuat lensa dengan tujuan mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi, maka dalam memilih nama, harus berisi nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika Anda ingin menjual ebook saya, Anda bisa memilih kata kunci seperti motivasi, sukses, berpikir positif, dan kata-kata kunci lainnya yang sesuai.

Anda juga bisa meneliti kata kunci yang paling banyak dicari orang (tentu harus berhubungan dengan produk yang Anda jual) di
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Anda bisa mengecek ketersidaan alamat blog yang Anda pilih.
Jika tersedia bisa Anda lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka Anda harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abc, xzy, 101, dan bisa juga dengan menyisipkan nama Anda.

Lanjutkan dengan klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN.

Proses Pembuatan Blog

Langkah ke 4: Blog Template

Pilih desain yang sesuai dengan selera Anda.

Berhasil..........?
Tentu saja berhasil, memang mudah koq. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda. Jika tidak ada yang sesui dengan selera Anda, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya.

Untuk Memilih tema Anda klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar dibawah. Lihat yang saya tunjuk dengan panah merah buatan saya.

Setelah itu Anda klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

Di atas adalah memilih tema

Belajar Membuat Blog Selesai........

Selamat Mencoba Ya........

Rabu, 15 April 2009

Cara membuat Blog di Wordpress

Pertama buka situs : http://id.wordpress.com/

blog

Klik tombol daftar sekarang yang berwarna ijo )

Akan muncul halaman seperti di bawah ini :

blog

Isi kolom namamu, sandi atau passwordmu, alamat emailmu, kemudian klik tombol berikut

blog

Isi nama & judul blog mu, kemudian klik tombol daftar

blog

Selamat anda telah punya web blog, gampang kan )

Sumber: http://bahtiar.wordpress.com.15/04/2009

Kelebihan dan kelemahan Internet/Intranet

Penggunaan internet dewasa ini telah merambah ke berbagai kehidupan, baik di bidang sosial, budaya, ekonomi, kesehatan, politik, maupun pendidikan. Internet sangat dibutuhkan dalam bertukar informasi dan berkomunikasi secara cepat tanpa ada batasan wilayah, ruang dan waktu. Dengan internet semua pekerjaan menjadi sangat mudah dan sangat efisien terhadap waktu. Internet juga bisa digunakan untuk memperluas pengetahuan serta memperluas pergaulan kita sebagai makhluk sosial.

Penggunaan internet yang tepat akan sangat bermanfaat bagi kemajuan pemikiran dan peradaban bagi bangsa yang selalu menginginkan perubahan ke arah positif. Internet merupakan bagian dari teknologi informasi dan komunikasi yang selalu mengalami perkembangan sangat pesat seiring dengan kemajuan teknologi.

Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari
Interconnected Network. Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung. Internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global.
Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Peranan internet yang sangat penting adalah sebagai sumber data dan informasi serta sebagai sarana pertukaran data dan informasi.

Sejarah Internet
Perkembangan internet diawali dengan dibangunnya jaringan ARPANet pada tahun 1969. ARPA (Advanced Research Project Agency) merupakan sebuah jaringan yang dikembangakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang tugasnya untuk melakukan penelitian terhadap jaringan komputer dengan teknologi packet switching. Jaringan tersebut semula hanya beranggotakan beberapa komputer di beberapa universitas di Amerika Serikat, seperti University of California-Los Angeles dan Stanford Research Institute. Di awal perkembangannya, jaringan tersebut hanya digunakan khusus untuk kalangan akademik dan militer. Istilah internet sendiri muncul sekitar tahun 1983 dengan ditemukannya protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Intenet Protocol) yang memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan jaringan itu dan mampu menyatukan beberapa sistem jaringan yang berbeda. Lebih lengkap lagi tentang sejarah internet dapat dicari di :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_internet

Aplikasi Internet
Aplikasi-aplikasi di intenet saat ini sangat banyak dan akan terus berkambang seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan kebutuhan yang beragam di berbagai bidang. Aplikasi internet yang sering digunakan antara lainWord Wide Web (www), E-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, VoIP (Voice over Internet Protocol) dan lain-lain.

Dampak Negatif Internet
Penggunaan internet saat ini sudah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan. Internet sangat bermanfaat bagi semua kalangan karena memberikan informasi yang up to date setiap saat. Disamping internet mempunyai banyak manfaat, internet juga memiliki dampak negatif apabila tidak digunakan secara baik. Dampak negatif penggunaan internet seiring perkembangannya antara lain :

  • Adanya ancaman virus
  • Carding atau pencurian nomor kartu kredit
  • Adanya aktivitas cracking
  • Pembajakan karya intelektual
  • Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi)

Untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan internet, maka perlu adanya pengawasan khusus dan aturan yang jelas tentang pemakaian internet terutama dikalangan pendidikan.

Pengertian Intranet
Intranet merupakan jaringan informasi intenal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi/perusahaan. Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk membagi kalender/jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak luar. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.

Keuntungan penggunaan intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan antara lain :

  • Produktifitas kerja
  • Efisiensi waktu
  • Komunikasi
  • Sistem publikasi web
  • Efektifitas biaya
  • Keseragaman informasi
  • Meningkatkan kerjasama


Intranet juga memiliki beberapa kelemahan antara lain :

  • Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
  • Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
  • Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
  • Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
  • Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.
Sumber : http:///google.com

Senin, 13 April 2009

Output Device

Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.


Media yang pertama adalah Visual Display, output yang ada akan disajikan melalui suatu alat yang bentuknya mirip dengan televisi. Pada saat ini, visual display sudah merupakan satu kesatuan dari sebuah komputer


Media kedua yang bisa digunakan sebagai output device adalah berupa kertas. Output yang dihasilkan akan berbentuk cetakan huruf ataupun pelbagai gambar.


Media magnetic merupakan media ketiga yang bisa digunakan untuk menampung output komputer. Output yang ada akan disajikan dalam bentuk guratan-guratan magnetic yang bisa digunakan untuk menyimpan secara langsung hasil pemrosesan. Media ini telah dibahas pada bab sebelumnya, yaitu media penyimpan data.


Speaker merupakan media output yang berikut bagi komputer. Rekaman suara merupakan jenis output device yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan pelbagai peralatan audio message. Media ini tidak dibahas dalam bab ini.


a. Monitor/Display
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.


Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT). Dengan teknik scan-nya (raster scan technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi pospor. Pospor ini akan bersinar apabila ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat dibentuk pada layar monitor.


Begitu banyak dan cepatnya sinar ataupun spot yang terbentuk dari hasil penembusan sinar elektrone yang diikuti oleh pembakaran phospor, maka yang nampak dipermukaan seperti halnya pola huruf Z yang bergerak-gerak. Pola seperti ini disebut sebagai "raster pattern"


Pada monitor jenis monochrome ataupun composite, hanya terdapat satu sinar elektrone yang menembus phospor, sehingga pada monitor jenis ini hanya bisa menampilkan satu warna saja, yaitu hitam putih atau hijau hitam. Sedangkan untuk monitor berwarna, terdapat tiga titik yang bisa menghasilkan warna merah, biru dan hijau jika ditembus oleh sinar elektrone. Koordinasi yang dikendalikan oleh komputer dalam menembus titik inilah yang menghasilkan gambar berwarna pada monitor.


Monitor berwarna jenis CGA (Color Graphic Adapter) mampu menampilkan 16 warna dengan resolusi 640X200. Untuk jenis EGA (Enhanced Graphic Adapter), dalam menampilkan warna/ resolusi mempunyai kemampuan yang lebih tinggi jika dibanding CGA. Sedangkan jenis VGA ataupun Super VGA (Video Graphic Array) memiliki kemampuan untuk menampilkan 16 warna pada modus text dan 256 warna pada modus grafik.


Salah satu kecenderungan yang berkembang di-industri monitor adalah penggunaan layar datar (flat-screen) baik untuk monitor berbasis CRT (Cathode Ray Tube) ataupun yang berbasis LCD (Liquid Cristal Display). Dibanding monitor CRT, tampilan LCD menjadi lebih nyaman, tidak ada distorsi dan gambar menjadi lebih jelas


LCD juga menggunakan tiga jenis layar fosfor dan sebuah lapisan celah yang berbeda. Lapisan celah yang ditempatkan didepan layar fosfor ini ada tiga jenis, yaitu dot mask, grille mask dan slit mask. Dot flat dibuat dari lembaran khusus, inver-steel dan dibentuk melengkung seperti layar bagian dalam. Lobang-lobang yang dilalui electron pada dot-mask berbentuk titik-titik bulat dimana dot-pitch dihitung dari jarak antar titik.


Grill mask terdiri dari kabel vertical tipis yang ditegangkan. Ciri dari lapisan celah tipe ini adalah adanya dua kabel yang ditempatkan secara horinzontal. Tujuannya untuk menjaga kabel vertical agar tidak bergelombang akibat vibrasi yang dapat membuat gambar terdistrosi.


Keuntungan dari grille mask adalah tampilan kontras focus yang lebih baik. Karena adanya fosfor yang bercahaya, energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek terang lebih sedikit. Akibatnya setiap pixel fosfor teradiasi lebih sedikit sehingga tampilan kontrasnya menjadi lebih baik. Perpaduan antara kerja dot mask dan grille mask adalah slit mask


b. Printer
Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik peng-operasiannya.


b1. Daisy Wheel Printer
Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan. Oleh pemakai, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.


Pada saat mencetak, mekanisme dari printer akan memutar piringan sehingga posisi huruf yang dibutuhkan bisa tepat pada tempat yang dibutuhkan. Pada posisi seperti itu, hammer (palu/pemukul) akan menekan huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita (karbon) dan kemudian diteruskan diatas kertas yang berada dibalik karbon/pita. Terjadilah pencetakan huruf demi huruf.


Dikarenakan cara mencetak printer jenis ini berdasar huruf demi huruf, maka printer ini juga dikenal sebagai character-printer. Kecepatan cetaknya relatif lambat, yaitu berkisar 40 hing100 character per-second


b2. Dot Matrix-Printer
Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second.


Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.


Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.


b3. Ink-Jet Printer
Printer jenis ini menggunakan sistem yang berbeda dibanding dengan printer sebelumnya. Proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) kemedia cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.


Karena menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inchie), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan jenis printer sebelumnya, pada khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik. Kelemahan printer jenis ini diantaranya adalah, tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat bersamaan. (Untuk jenis printer sebelumnya, bisa menggunakan karbon, sehingga beberapa lembar kertas bisa dicetak secara bersama-sama). Printer ini juga memiliki jenis yang berwarna ataupun tidak.


b4. Laser Jet Printer
Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.


Pada mesin foto-copy, pemfokusan gambar dilakukan oleh silinder yang berputar. Karena output yang dihasilkan sangat memuaskan, maka printer jenis laser jet sangat cocok digunakan oleh pelbagai percetakan. Selain itu, pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam, demikian pula style ataupun bentuk dari huruf yang bersangkutan


b5. Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.


Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Secara umum, bagian yang ada didalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menyelusuri permukaan kertas guna menghasilkan gambar


Inkjet Plotters merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan pelbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari pelbagai warna yang mana warna ini kemudian akan menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum. Komputer yang dihubungkan dengan inkjet plotter ini, akan mengontrol pergerakan drum serta semprotan dari tinta yang bersangkutan. Inkjet plotter dapat menghasilkan pelbagai kombinasi warna gambar secara cepat, tenang dan tepat.


b6. Line-Printer
Line printer merupakan printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini ataupun mainframe komputer.


Huruf-huruf yang ada tersusun dalam sebuah drum-huruf yang mempunyai panjang selebar kertas printer. Huruf-huruf pada drum printer ini akan berputar secara cepat, untuk kemudian menempatkan huruf pada posisinya, dan kemudian huruf-huruf tersebut akan menekan kertas sehingga menimbulkan bekas pada kertas untuk satu baris pada saat yang bersamaan.


Secara umum, kualitas huruf yang dihasilkan oleh line printer tidaklah begitu istimewa seandainya dibanding dengan hasil dari sebuah mesin ketik. Line printer memang digunakan bukan untuk kualitas hurufnya, tetapi yang diperlukan adalah kecepatannya dalam hal mencetak huruf baris demi baris. Secara umum, line printer sanggup mencetak antara 300 hingga 6.000 line dalam satu menit (lpm) tergantung jenis dan merk printer.


b7. Printer Digital
Beberapa waktu yang lalu, keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Disamping itu, mutu dan kualitas gambar hasil cetak foto dari printer ink-jet, ternyata tidak maksimal.


Sekarang dapat kita jumpai model-model terbaru printer portable yang dapat mencetak foto digital secara cepat dan pengoperasiannya juga sederhana. Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan adanya sebuah PC. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa dihubungkan dengan sebuah PC.


Pada sector video, Sony melengkapi produk video kameranya yang dapat terhubung langsung dengan sebuah printer mini. Demikian pula halnya dengan Holywood DV Bridge dari Dazzle. Output video dapat dikonversi langsung dalam bentuk digital. Proses ini berlaku juga untuk proses sebaliknya dari digital ke-analog. Yang perlu dilakukan hanyalah menghubungkan kedua piranti melalui Bridge secara langsung tanpa melalui PC.